CONTOH BUSINESS PLAN "Fruity Pizza"


Business Plan
"Fruity Pizza"
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Terstrukstur Dalam Mata Kuliah
Pengantar Bisnis


Disusun Oleh:
Rovil Al Asyari    3218205

Dosen  Pengampu : Ice Sri Rahayu

JURUSAN EKONOMI ISLAM
FAKULTAS EKONOMI BISNIS ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM BUKITTINGGI
2018/2019


KATA PENGANTAR


    Bismillahirrahmannirrahim
     Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas berkat rahmat dan ridho-Nya makalah ini dapat diselesaikan.
     Penulisan Bussines Plan  yang berjudul “Busiines Plan , Fruity Pizza ‘ ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pengantar Bisnis.
     Kami menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah kami ini masih terdapat kekurangan-kekurangan dan masih jauh dari sempurna. Untuk itu dengan segala kerendahan  hati kami mengharapkan berbagai saran dan kritik yang bersifat membangun dan bermanfaat khususnya bagi kami sendiri, maupun bagi para pembaca pada umumnya. Namun demikian, penulis berharap  semoga makalah  ini dapat bermanfaat.
Atas terselesaikannya makalah ini kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu.
Semoga Allah SWT berkenan untuk memberikan balasan yang jauh lebih baik dari apa yang kami terima dari mereka.

                                                            Bukittinggi , 28 mei 2019
                                                                                                                                                                                                                                                       Rovil Al Asyari


BAB I
PENDAHULUAN



A.     LATAR BELAKANG USAHA

      Seiring dengan semakin berkembangnya globalisasi akan mengakibatkan adanya pertukaran budaya dari seluruh penjuru dunia, terutama dalam bidang makanan, makanan adalah kebutuhan pokok dari setiap manusia sehingga menjadi hal wajib untuk memenuhi kebutuhan makanan. Dalam sifat alamiah manusia mempunyai rasa bosan terhadap sesuatu yang dilakukan secara terus menerus, begitu juga dengan perihal makanan. Dengan memanfaatkan dampak positif dari globalisasi ini kita dapat mengambil suatu ciri khas dari makanan luar negeri, yaitu yang berasal dari negara Italia yakninya pizza.
      Pizza adalah makanan  gurih dari Italia sejenis roti bundar dan pipih, yang dipanggang di oven dan biasanya dilumuri saus tomat serta keju dengan bahan makanan tambahan lainnya yang bisa dipilih. Pizza sudah sangat dikenal seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia, sehingga dia termasuk makanan yang sangat digemari orang orang, termasuk warga Bukittinggi.
        Dengan keadaan tersebut kami mencoba menangkap kesempatan yang sama tapi dengan produk berbeda. Disini kami akan mencoba memodifikasi pizza yang umumnya berasa asin dan pedas, kami ingin merubahnya dengan rasa yang berbeda yaitu dengan rasa manis dan gurih, sehingga dapat menjadi daya tarik sendiri terhadap produk kami, dan lebih terspesialisasi ke pizza buah.
        Selain dilihat dari sisi produk yang kami tawarkan, kami juga melihat dari sisi tempat atau wilayah usaha kami. Tempat usaha kami yaitu di kota Bukittinggi adalah tempat yang sangat strategis, yang dimana adalah suatu kawasan wisata yang menjadi daya tarik orang orang datang kesini, dan juga Bukittinggi juga kota pelajar sehingga membuat kota Bukittinggi selalu dalam keadaan ramai. Dan juga minat dari wisata kuliner masyarakat disini juga tinggi. Maka dari itulah kami membangun usaha ini di kawasan yang menurut kami strategis.






B.     RIWAYAT  PENDIRI


1.Biografi Pendiri

Nama.                          : Rovil Al Asyari
Tempat Tanggal Lahir: ----------------
Agama.                        : Islam
Kenegaraan                 : Indonesia
Alamat.                       : Bukittinggi
No Hp.                        : 08********
E-mail.                        : rovilasyalazar2@gmail.com
Riwayat Pendidikan.   : - SDN 08 Gadut
                                             - MTsN 1 Bukittinggi
                                             - SMAN 1 Bukittinggi
                                             - IAIN Bukittinggi


2. Riwayat Pekerjaan

   a. Pizza Hut Bukittinggi
   b. Minori Bento Bukittinggi
   c. Rifel Mart Bukittinggi









BAB II
PEMBAHASAN


A. ASPEK PEMASARAN

1.      GAMBARAN UMUM PASAR

Nama produk        : Fruity Pizza
Jenis produk.        : Makanan
Manfaat.               : Memenuhi asupan buah dengan cara yang berbeda.
Sasaran kami dalam bisnis pizza ini adalah seluruh masyarakat di berbagai kalangan mulai dari anak-anak sampai orang tua,  karena produk pizza buah ini merupakapn produk makanan yang baik untuk semua kalangan umur, dan juga kita sekaligus dapat memberikan edukasi tentang pentingnya memakan buah-buahan. Tidak hanya membuka di satu toko, kami juga membuka cabang yang khusus yang untuk take away, sehingga pelayanan nya lebih cepat, terkhusus bagi pengunjung yang tidak ingin makan ditempat. Selain itu kami juga memberlakukan delivery order, sehingga pengunjung yang tidak bisa datang ke gerai kami bisa memesan melalu telefon ataupun bisa di pesan melalui aplikasi Go-jek.


2.      SEGMENTASI PASAR


a.      Segmen geografis
Tempat usaha yang kami bangun berada dalam kawasan yang sangat strategis, yang dimana berada di Kota Bukittinggi yang merupakan salah satu kota wisata yang wajib dikunjungi di Sumatera Barat. Sehingga tak bisa dipungkiri kota ini selalu ramai dikunjungi oleh turis lokal maupun mancanegara. Selain kota wisata kota ini merupakan kota pelajar, sehingga juga banyak pelajar yang mencari tempat tempat nongkrong ataupun belajar.
b.      Segmen demografis
Sasaran konsumen dari usaha pizza kami adalah semua kalangan baik dari anak-anak sampai ke orang dewasa, karna produk yang kami tawarkan terbuat dari bahan alami sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Pada gerai utama yang terletak di pasar atas, kami lebih tujukan kepada para  wisatawan yang datang yang berada di kawasan jam gadang, sehingga di gerai utama kami lebih berkesan berkelas disesuaikan dengan selera wisatawan. Pada gerai cabang Fruit Pizza Express kami, kami lebih tujukan kepada para pelajar dan juga konsumen yang tidak ingin makan ditempat, sehingga pelayanan disana jauh lebih cepat daripada gerai utama.
c.       Segmen psikografis
Melihat survei acak yang kami lakukan sebelum membuka usaha fruit pizza ini, kami mendapat dukungan dari masyarakat sekitar atas usaha kami, dan ada juga masyarakat menanti nantikan usaha kami segera dibuka. Ada beberapa faktor yang menyebabkan usaha kami sangat didukung oleh masyarakat yang pertama banyak masyatakat menginginkan makanan yang baru dan belum pernah ada di kota Bukittinggi, yang kedua masyarakat Bukittinggi sangat menyukai makanan yang mengandung buah, menurut mereka sedikit sekali makanan yang sehat di era sekarang, banyaknya toko makanan junk food mengakibatkan kekawatiran masyarakat atas kesehatan mererka. Sehingga ini menjadi nilai tambah bagi kami.


3. STATEGI PASAR

d.      strategi harga
Strategi yang kami menggunakan 3 pendekatan, yang pertama adalah cost yaitu kami mengambil keuntungan 20% dari biaya produksi, yang kedua customer value kami juga memberikan harga sesuai dengan kriteria pengunjung yaitu untuk umum keuntungan 20% danpelajar 10% dan yang terakhir adalah competition yang dimana harga kami tawarkan adalah harga yang dapat bersaing dengan kompetitor yang ada.
e.       strategi promosi
1)      Mendesain restoran interior dan eksterior dengan gaya kekinian, sehingga menarik para pengunjung.
2)      Membuat akun sosial media mulai dari Facebook, Instagram, Twitter hingga layanan pesan instan seperti Whatsapp.
3)      Mendaftarkan perusahaan pada layanan jasa antar makanan.
4)      Promosi dan branding melalui sosial media maupun menggunakan perangkat offline seperti spanduk, banner dan lain sebagainya.
5)      Memberikan promo opening
6)      Mengikuti event event kuliner sebagai bagian dari upaya branding.
f.       strategi distribusi
          Dalam pendistribusian produk kami membuka gerai express yang dimana khusus pembeli yang ingin dibawa pulang sehingga pemesanan disana lebih simpel dan relatif cepat. Kemudian kami juga menyediakan layanan delivery order sehingga memudahkan konsumen dalam pemesanan makanan. Bagi konsumen yang masih kurang tahu tentang restoran kami ataupun nomor telepon kami, kami juga sudah tersedia di aplikasi layanan jasa antar makanan seperti Go-jek. Tidak hanya itu kami juga memiliki produk berupa fruit pizza frozen, yang merupakan pizza setengah jadi dalam keadaan beku dan juga tersedia di supermarket.


C.    ASPEK PRODUKSI DAN OPERASI


1.      Gambar Produk

a.      Mix Berry Pizza

    
   Pizza dengan taburan toping dengan berbagai macam buah berry seperti ras berry,blueberry, strawberry, dan juga sebagai pelengkap buah kiwi dan buah peach.

b.     Banana Pizza


     Gambar Ilustrasi
   Pizza dengan toping utamanya adalah pisang dan ditaburi dengan parutan keju dan juga buah pomegranade sehingga membuat kesan juicy dalam pizza.

c.      Choco Strawberry Pizza


       Gambar Ilustrasi
     Pizza dengan toping starwberry dengan balutan coklat belgia yang     membuat cita rasa yang khas pada pizza yang satu ini.






2.       Proses Produksi


a.       Tahap Doughing
Pada tahap ini adalah pembuatan adonan roti yang akan dijadikan sebagai dasar pizza dengan bahan bahannya terdiri dari air, terigu, dough blend, dan minyak. Yang dimana cara pembuatannya semua bahan dimasukkan ke dalam mixer dan setelah itu adonan di resting 5 menit.
b.      Tahap Proofing
Pada tahap ini adonan yang telah dibuat dan di resting tadi dimasukkan kedalam mesin proofing dengan tujuan adonan yang didapatkan bisa mengembang saat proses pemanggangan.
c.       Tahap Retarding
Pada tahap ini adonan yang telah di proofing akan didingin kan didalam chiler sehingga adonan tidak akan mengeras sampai pizza dipesan.
d.      Tahap Topping/ Stuffing
Pada tahan ini adonan pizza akan dipipihkan dan kemudian akan diberi isian sesuai dengan pizza yang diinginkan.
e.       Tahap Baking
Pizza yang telah selesai diberi isian akan dipanggang  dengan suhu 245°C dengan waktu 5 menit 33 detik.
f.       Tahap Plating atau Boxing
Pada tahap ini pizza yang selesai dipanggang akan di sajikan di piring ataupun dikotak untuk konsumen yang take away.








D.    ASPEK ORGANISASI MANAJEMEN

1.      Stuktur Organisasi


2.      Job Deskription
a.       Head Manager
Head manager adalah tingkatan tertinggi yang dimana tugasnya adalah membuat kerangka rencana dan kebijakan, membuat kerangka rencana dan kebijakan untuk mencapai tujuan utama yang telah ditetapkan, mengumpulkan dan mengatur sumber daya organisasi atau perusahaan seperti sumber daya keuangan, aset tetap, tenaga kerja dan lain sebagainya untuk  melakukan kegiatan sehari-hari dalam organisasi, bertanggung jawab atas kelangsungan dan pertumbuhan hidup organisasi/perusahaan, sebagai penghubung dengan dunia luar seperti bertemu dengan pejabat pemerintah, pemasok, pesaing, pelanggan, media dan lain-lainnya.
b.      Asistan Manager
Tugasnya adalah membantu segala urusan head manager, dan juga memberikan saran saran kebijakan kepada head manager serta mengatur manager area.
c.       Area Manager
Menjalankan kebijakan diatasnya dan juga mengatur aktifitas produksi dari cabang yang mereka pimpin, baik itu dalam mengatur karyawan dan juga menghitung pengeluaran dan pendapatan dalam sehari.
d.      Shift Leader
Bertugas mengatur dan mengawasi produksi agar berjalan dengan semestinya. Dan juga memberikan pelatihan pelatihan kepada karyawan baru.
e.       Waiters
Bertugas sebagai pelayan dan pengantar makanan dan segala tugas yang berada dibagian depan. Dan juga memberikan promosi kepada konsumen
f.       Chef
Bertugas yang memproduksi pizza dari bahan mentah menjadi pizza jadi. Dan mengatur tugas dibagian dapur.
g.      Deliver
Bertugas untuk menganyatarkan makanan ke konsumen yang memesan melalui delivery order








E.     ASPEK KEUANGAN
1.       Rencana Anggaran pengeluaran
a.    Biaya Tetap (Fixed Cost)
- Gaji pegawai             : 30.000.000
- Asuransi                    : 25.000.000
- Pajak                          : 15.000.000
- Sewa bangunan         : 30.000.000
- Mesin                        : 50.000.000
   Total                         150.000.000

b.    Biaya Variabel (Variabel Cost)
- Biaya bahan              : 85.000.000
- Biaya distribusi         :  45.000.000
- Biaya listrik               :  30.000.000
- Box                           :  20.000.000
- Biaya telepon            :  10.000.000
- Biaya promosi           :  5.000.000
- Biaya insentif            :  25.000.000
- Biaya perlengkapan   :  30.000.000
   Total                         250.000. 000


c.    Harga jual per unit       :  10.000

2.      Analisis Break Even Point (BEP)
Kapasitas produksi  50.000 pizza
Harga total penjualan  =  50.000 x 10.000
                           =  500.000.000




a.       BEP dalam unit



b.      BEP dalam rupiah





Keterangan :  perusahaan menjual 30.000 unit pizza dengan omset 300.000.000 agar BEP



E. JADWAL KEGIATAN


NO
KEGIATAN
BULAN
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
1.
Planning : penyusunan rencana, konsep, dan survei pasar, harga dan  lokasi.











2.
Pencarian dana tambahan











3.
Pembelian peralatan











4.
Pembelian bahan baku
5.
Test panel atau uji coba











6.
Perekrutan karyawan










7.
Lauching











8.
Laporan bulanan
9.
Laporan akhir kegiatan










10.
Persiapan pengembangan usaha















BAB III
PENUTUP


A.    Kesimpulan
Fruit Pizza merupakan suatu jenis makanan yang kami buat dengan memberikan variasi rasa yang unik serta baru. Produk kami ini bertujuan membantu masyarakat untuk lebih sering mengonsumsi buah dalam sehari-hari. Karena, buah dapat menjadi sumber vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Proses pemasaran pada tahap awal kami lakukan melalui media sosial seperti blog, facebook, twitter. Harga yang kami tetapkan cukup terjangkau oleh masyarakat menengah ke bawah. Kami juga menyediakan pelayanan pemesanan pizza dengan delivery order dan juga sudah tersedia di aplikasi Go-jek.

B.     Saran
Produk kami mengutamakan kepada unsur kesehatan yang terkandung di dalamnya. Sehingga membedakan pizza kami dengan pizza yang lain. Oleh karena itu, keterampilan dan keahlian menjadi sangat penting dalam produksi kami.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

TAFSIR AYAT RIBA DAN IMPLIKASINYA BAGI EKONOMI

SEJARAH PENGELOLAAN ZAKAT MASA RASULULAH SAW DAN MASA PARA SAHABAT

KONSERVASI, DEPLESI DAN PERSEDIAAN